10 Hewan Paling Indonesia


Secara geografis, Indonesia membentang di jalur khatulistiwa sebagai kepulauan. Tidak heran jika kekayaan hayatinya beragam. Indonesia punya banyak hewan endemik. Berikut adalah 10 Hewan Paling Indonesia menurut saya. Maksudnya hewan-hewan yang kalau kita melihatnya, Indonesia akan langsung muncul di kepala anda. Simak saja.

10. Kuskus

           
Kuskus adalah mamalia berkantung, seperti kangguru. Dari lima genus yang ada, empat di antaranya tersebar di Indonesia bagian tengah dan timur, sedangkan sisanya terdapat di Papua Nugini dan Australia.
*gambar; hotindonesianpics.blogspot.com

9. Tapir


            Sebenarnya Tapir (Tapirus indicus) terdapat di Asia dan di Amerika Latin. Tapir Asia lebih mencolok karena ada belang putih di tengah tubuhnya. Namun, akhir-akhir ini Tapir Asia lebih banyak ditemukan di Sumatra dan Malaysia, karena penduduk lokal yang mayoritas Muslim enggan memburunya mengingat bentuknya yang mirip Babi.
*gambar; www.indonesiaphoto.com

8. Bekantan


            Bekantan (Nasalis larvatus) adalah monyet berhidung besar dan panjang yang unik. Hewan yang menjadi inspirasi dari Boneka Dufan (Dunia Fantasi) ini tersebar di Pulau Kalimantan (Indonesia, Malaysia, dan Brunei).
*gambar; www.superkidsindonesia.com

7. Beruang Madu


            Beruang Madu (Helarctos malayanus) adalah yang terkecil dari delapan jenis beruang yang ada di dunia. Spesies ini hanya terdapat di Bengkulu dan Balikpapan, serta menjadi maskot di kedua wilayah tersebut.
*gambar: www.tumblr.com

6. Anoa


            Anoa (Bubalus) adalah hewan khas Sulawesi. Penampilan spesies ini mirip kerbau. Hanya saja ukurannya lebih kecil. Sejak 1960, hewan ini berada dalam status terancam punah dengan populasi diperkirakan tinggal 5.000 ekor.
*gambar; zumanjipunya.wordpress.com

5. Cenderawasih


            Burung Cenderawasih (keluarga Paradisaeidae) terdiri dari banyak jenis dan tersebar di kawasan timur Indonesia, Papua Nugini, dan Australia bagian tenggara. Burung indah ini menjadi maskot di Pulau Papua, yang sering disebut Bumi Cenderawasih.
*gambar; mepow.wordpress.com

4. Harimau Sumatra


            Harimau adalah salah satu spesies kucing besar yang tersebar di hampir seluruh Asia. Adapun Harimau Sumatra (Panthera tigris sumatrae) kini berstatus terancam punah. Kerabatnya di Jawa, yakni Harimau Jawa, bahkan sudah dinyatakan punah. Meski anda bisa menemukannya di India, China, bahkan di Malaysia, jika ke hutan Sumatra, pasti hewan ini lah yang paling anda ingin temui (atau mungkin paling ingin dihindari).
*gambar; kmpv-petandwildanimal-fkhua.blogspot.com

3. Badak Jawa


            Meski disebut Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus), hewan ini dulunya menyebar di seluruh Asia Tenggara hingga China. Namun, badak bercula satu yang bertubuh kecil ini sekarang menjadi salah satu mamalia terlangka di muka bumi.
Populasinya diketahui hanya sekitar 40 ekor di Ujung Kulon, Jawa Barat. Anda tidak dapat menemukannya di lokasi lain, bahkan di kebun binatang sekalipun. Bahkan, jika hewan ini tertangkap kamera di hutan, itu akan jadi berita. Perawatnya di konservasi Ujung Kulon saja mengaku jarang bertemu langsung dengan hewan yang indah ini.
*gambar; gambarbinatang.info

2. Orang Utan


            Hewan paling Indonesia tentu mencakup Orangutan (Pongo). Kera besar ini hanya terdapat di Indonesia dan Malaysia. Di Indonesia, Orangutan hidup di kanopi hutan-hutan hujan Kalimantan dan Sumatra. Orangutan termasuk hewan yang terancam punah.
*gambar; www.time.com


1. Komodo


            Akhirnya kita sampai kepada Hewan Paling Indonesia. Saya menjatuhkan pilihan ke Komodo karena beberapa alasan. Pertama, Komodo liar hanya ditemukan di Indonesia. Jalak Bali, Beruang Madu, Anoa, dan Badak Jawa mungkin juga hanya ditemukan di Indonesia.
Namun, Komodo punya peran penting, yakni sebagai maskot Indonesia. Komodo hidup liar di Pulau Komodo dan pulau ini masuk dalam daftar New7Wonders of Nature, itulah alasan kedua.
Alasan ketiga, Komodo adalah kadal terbesar di muka bumi, sehingga sering disebut Naga Komodo. Karnivora ini juga punya banyak keunikan dalam caranya bertahan hidup. Sang Naga bisa memangsa banteng yang ukuran tubuhnya tiga kali lebih besar.
Bahkan, tidak jarang Komodo juga memangsa manusia. Komodo dilengkapi dengan badan yang berotot, ekor yang besar, kuku yang panjang, gigi yang tajam, dan air liur yang berbakteri mematikan.
Meski mampu berlari cepat, hewan ini tidak perlu mengejar mangsanya untuk ditangkap. Cukup satu gigitan, maka sang mangsa tidak akan mampu melarikan diri terlalu jauh. Bahkan, bakteri yang sudah masuk akan mencerna tubuh mangsa dari dalam sehingga memudahkan Komodo makan saat bangkainya ditemui.
Keberadaannya yang hanya terdapat di Indonesia, keterwakilan Indonesia di ajang internasional, statusnya sebagai naga, dan kemampuan berburunya yang mengerikan, membuat Komodo menduduki posisi sebagai Hewan Paling Indonesia.
*gmbar; news.n7w.com

Sebenarnya masih banyak hewan lain yang sangat Indonesia. Namun, menurut saya, kesepuluh hewan inilah yang paling pantas dianggap paling Indonesia. Jika anda punya pandangan berbeda, jangan ragu memberi komentar. Terimakasih.

Hewan khas Indonesia lainnya (bukan urutan);
Gajah Sumatra
Jalak Bali
Elang Jawa
Banteng Jawa
Kucing Emas
Tarsius
Arwana
Pesut
Owa-owa
Siamang
Owa Jawa
Kera Hitam
Beruk
Ular Sanca
Kasuari
Merak
Kangguru Pohon
Ikan Mola-mola
Rusa
Hiu Paus
Macan Tutul
Kerbau Air
Penyu Belimbing
Babi Rusa
Kuda Sumbawa
Kakaktua

Komentar

Postingan Populer