I just wanna write


Hai. Nama saya Ahmad Puja Rahman Altiar. Blog saya bernama Puja Altiar. Terlalu sederhana? Memang. Saya sudah beberapa kali membuat blog, baik di blogger.com maupun di wordpress.com, seperti Hikayat Sang Pembual, Terang Tanah, Indonesia Itu Luas, dan Ten Sepuluh.
Semua blog itu akhirnya terlantar karena kesibukan dan idealisme di balik pembuatannya mengekang saya dalam mem-post-ing tulisan. Hikayat Sang Pembual dibuat untuk menjadi diary elektronik saya. Namun, seiring berjalan waktu, saya enggan menyebut diri sendiri sebagai pembual.
Lalu saya ganti nama blog menjadi Terang Tanah. Tujuan pembuatannya sama seperti blog sebelumnya. Bahkan, postingan di Hikayat Sang Pembual saya salin ke Terang Tanah. Namun, pada akhirnya saya juga enggan terlalu mempublikasikan kisah pribadi sehari-hari. Lalu, tujuan pembuatan blog saya pun mulai idealis.
Saya membuat blog Indonesia itu Luas untuk membujuk kaum urban agar mau bertransmigrasi, karena Jakarta sudah terlalu penuh sesak. Tujuan yang sungguh mulia, tapi, seiring dengan kesibukan sebagai wartawan, akhirnya saya tidak sempat mengurusi blog tersebut.
Kemudian,pembuatan blog saya mulai bertujuan komersil. Penjualan blog bernama Insider Stories yang dikerjakan salah seorang redaktur saya seharga miliaran membuat saya terpana betapa banyak uang yang dihasilkan dari pengerjaan blog secara serius.
Akhirnya saya membuat blog Ten Sepuluh yang berisi daftar peringkat berbagai hal. Menurut pengamatan saya, orang senang membaca daftar-daftar peringkat, mulai dari 100 tokoh paling berpengaruh sepanjang sejarah sampai 10 tren fashion paling buruk pada tahun ini.
Saya berharap blog saya ini akan banyak dikunjungi dan akhirnya ditawar oleh investor. Namun, kesibukan akhirnya kembali menyita keinginan tersebut. Selain itu, saya sempat membaca, entah dimana, bahwa tujuan orang memblog yang sebenarnya adalah karena ingin menulis, seharusnya bukan untuk komersil.
Saya rasa pernyataan itu benar. Saya suka menulis. Apalagi pekerjaan saya sebagai wartawan menuntut saya untuk selalu menulis setiap hari. Akhirnya saya memutuskan untuk membuat blog yang semata-mata bertugas sebagai wadah tulisan-tulisan saya dengan berbagai tujuan, entah itu untuk cerita kehidupan pribadi, pemikiran atau ide-ide, atau iseng menyusun sebuah daftar peringkat.
Saya pun memilih nama sendiri sebagai nama blog, sehingga saya tidak perlu terkekang oleh tujuan pembuatan blog dan waktu, karena saya bebas memposting apapun dan kapanpun. Saya juga tidak perlu ambil pusing blog saya akan bernial komersil karena sering dikunjungi orang atau tidak.
Saya tidak peduli lagi akan hal itu. Saya hanya ingin menulis dan blog ini akan menjadi wadah saya. Sekian, terimakasih. Wasalam.

Komentar

Postingan Populer